Undangan Digital, Mengundang dengan Elegan

jurnal firman
By -
Undangan Digital, Mengundang dengan Elegan

Undangan adalah cara formal seseorang ataupun instansi dalam meminta seseorang untuk menghadiri suatu momen tertentu yang diadakan oleh si pengundang. Contohnya, undangan pernikahan, undangan syukuran dan undangan gathering, dan lain lain.

Bentuk dari undangan bisa dibagi ke dalam 2 jenis. Yaitu undangan formal dan undangan non formal. Undangan formal secara konvensional biasanya dalam bentuk kertas cetak dengan desain menarik dan informatif.

Sedangkan undangan non formal, biasanya dikirimkan dalam percakapan di media perpesanan. Format penulisannya pun lebih bebas, minimal ada tanggal jam dan tempat acara dilangsungkan. Dan juga catatan tambahan seperti dress-code, aturan bawa angpao dan lainnya.

Sejak pandemi, dimana terjadi pembatasan jumlah orang yang berkumpul, maka banyak pihak yang mengadakan acara dalam konsep minimalis, namun prosesi acara disiarkan secara online, sehingga keluarga dan kerabat bisa menyaksikannya meski tidak bisa hadir.

Pada kondisi pandemi tersebut, banyak undangan yang disebar kepada keluarga dan kerabat secara digital, yang kemudian populer disebut dengan undangan digital.

Apa itu Undangan Digital

Undangan digital adalah bentuk modern dari undangan konvensional, yang dibuat secara digital dengan tujuan untuk bisa disebarkan secara elegan meski proses penyebarannya melalui media perpesanan seperti Whatsapp.

Bentuk undangan digital lebih kaya visual. Tidak melulu gambar dan halaman terbatas, undangan digital bisa berisi tulisan, gambar dan video.

Ketiga elemen tersebut disusun secara terstruktur dengan penambahan elemen-elemen visual seperti undangan konvensional, dan diperkaya dengan animasi-animasi kecil, yang menambah kesan elegan.

Undangan digital berbentuk web, dimana di dalamnya terdapat satu atau lebih halaman, yang berisi tidak sekedar tanggal jam dan tempat, namun juga foto-foto dan video yang terkait dengan ihwal undangan.

Selain itu, undangan digital juga memungkinkan setiap orang yang diundang, juga bisa berinteraksi tidak hanya mengeksplor halaman demi halaman undangan, melainkan juga berkomentar untuk memberikan testimoni, pesan dan kesan untuk pemilik acara.

Kalau kamu sedang mencari jasa pembuatan undangan digital, kamu bisa ke jurnal firman, dimana si pemilik website juga bisa membuatkan website dengan berbagai kebutuhan. Mulai dari landing page, undangan digital sampai sistem informasi.

Itulah penjelasan tentang undangan digital yang bisa menjadi referensimu jika ingin membuat undangan digital untuk acara yang akan kamu adakan.

Tags: