Fitur Baru Telegram 2023, Lebih Kaya Fitur

jurnal firman
By -
Fitur Baru Telegram 2023, Lebih Kaya Fitur

Telegram adalah salah satu media perpesanan populer selain Whatsapp yang banyak digunakan oleh seluruh pengguna di dunia.

Dibandingkan Whatsapp, Telegram lebih kaya fitur dan lebih privasi. Sebut saja salah satu fiturnya dimana telegram memiliki 2 kontak akun, dimana pengguna bisa dihubungi melalui nomer hp dan bisa juga melalui username. Bila perlu, pengguna juga bisa menutup akses nomer hp, sehingga pengguna lain tidak bisa melihat berapa nomer hp kita.

Ada banyak fitur lainnya yang membuat Telegram lebih unggul secara fitur, diba dibandingkan Whatsapp. Berikut mimin rangkum untuk kamu.

Pesan Terjadwal

Terkadang, kita membutuhkan untuk mengingatkan seseorang pada jam tertentu. Tentunya, jika menggunakan Whatsapp, kita harus mereminder diri kita untuk mengirimkan pesan pada waktu tersebut.

Sedangkan dengan Telegram, kita bisa mengetik pesan dan mengaturnya untuk terkirim pada waktu tertentu. Sehingga, bisa membantu kita seandainya kita tidak bisa mengirimkan pesan pada jam yang diinginkan, setidaknya fitur pesan terjadwal tersebut akan melakukannya secara otomatis untuk kita.

Kontrol Media

Terkadang kita perlu untuk mengatur bagaimana media bisa muncul di pesan kita. Apakah langsung terlihat, yang otomatis terdownload, ataukah kita perlu mengunduhnya secara manual. Kontrol ini bisa menjaga smartphone kita dari kepenuhan atau kehabisan kapasitas penyimpanan tiba-tiba.

Auto Delete

Selain kontrol media, kita juga bisa mengatur agar pesan lama bisa terhapus otomatis. Sehingga kita tidak perlu repot melakukan clear history ataupun menghapusnya satu-satu.

Kontrol Grup yang Lebih Ketat

Grup sudah menjadi fitur yang sering dipakai di media perpesanan. Tak terhitung berapa banyak grup yang sudah ada di smartphone kita. Terkadang kita membutuhkan mengatur grup lebih terbatas, seperti hanya bisa mengirimkan teks ataupun menjawab pooling saja. Dan Telegram memungkinkan kita melakukannya.

Channel

Fitur ini memungkinkan kita untuk update informasi secara berkala ke semua follower/subscriber kita. Namun di Channel, follower tidak bisa mengomentarinya seperti di Instagram, namun jika Channel terhubung dengan grup, follower bisa berdiskusi dengan anggota grup untuk mengomentari informasi yang dikirimkan di Channel.

Cloud Storage

Telegram menyimpan semua pesan ke cloud storage, sehingga kita bisa berpindah akun ke smartphone lainnya ataupun ke desktop dengan tetap bisa mengakses histori pesan kita sebelumnya.

Kesimpulan

Baik Whatsapp maupun Telegram memiliki keunggulan, namun yang menentukan siapa paling diminati, tentunya balik ke selera pengguna. Dan sejauh ini, mimin menggunakan keduanya karena memang masing-masing memiliki keunggulan dan juga kebutuhan.


Tags: